Thursday 7 February 2019

SKY CASTLE

Download Drama Korea Sky Castle Sub Indo


SINOPSIS, REVIEW & ENDING

Sinopsis
Di sebuah komplek perumahan elit bernama Sky Castle, tinggallah beberapa keluarga yang kaya dan berpendidikan tinggi:
1. Kang family
dr.Kang adl dokter calon direktur RS, punya 2 anak cewe yeseo&yebin. Yeseo ini anak yg sangat rajin dan pintar, malah dia cenderung terobsesi belajar & pengen masuk univ. Di sekolah ia tak punya teman dan dibenci karena sombong. Ia punya saingan bernama Hyena, yg berasal dari keluarga miskin tanpa ayah dan ibunya sakit. Sementara itu Ibu yeseo pun berambisi anak2nya sukses krn dia sebenarnya anak org miskin, ayahnya pemabuk dan penjual darah sapi, hingga ia berbohong tentang asal usulnya agar tdk dipandang rendah. Selain itu ibu juga mendapat tekanan dari nenek yeseo yg ingin punya keturunan dokter 3 generasi.

2. Cha family
Prof.cha adl dosen hukum, ia punya anak cewe kebanggaannya yg sekolah di harvard, Seri dan sepasang kembar seo joon & ki joon. Dia sangat keras dalam mendidik anaknya. Ia selalu menekankan bahwa manusia harus mencapai puncak piramida baru bisa disebut sukses. Istrinya sebenarnya kasihan melihat anak2 dikerasi terus tapi ia tak berdaya melawan suaminya.
3. Woo family
dr.woo adl dokter bawahannya dr.kang. keluarga ini sangat akrab dengan keluarga Kang, demi job dr.woo di RS. Mereka punya anak 1 bernama soo han, sekelas dengan yebin. Seperti ibu2 sky castle lainnya, jinjin juga memaksa soo han utk selalu belajar biar bisa jadi dokter, meski sebenarnya soo han gak terlalu pintar dan males belajar. Jinjin orangnya plinplan dan punya mulut ember bocor, namun sebenarnya punya jiwa empati yg tinggi.
4. Hwang family
Keluarga ini baru pindah ke sky castle, setelah dr.hwang mendapatkan jabatan tinggi di RS. Istrinya adalah penulis buku anak. Mereka punya anak Woo Joo yg sekelas dengan yeseo, sama2 pintar juga dan merupakan salah 1 saingan yeseo. Keluarga ini yg paling hangat dan sederhana.
5. Park family
dr. Park adl atasan dr. Kang. Keluarga ini adl panutan para ortu di sky castle karena anak mereka young jae baru diterima di univ.kedokteran terkenal. Para ibu pun berlomba2 mendapatkan info gimana caranya anak ini bisa lulus ujian. Ibu young jae memberi undangan+info bahwa ada guru privat yg paling bagus kepada ibu yeseo. Guru itu bernama ms.Kim joo young emang bener2 pro banget&meskipun dia hanya nerima 2 anak, tapi anak2 yg dididiknya 100% bisa lulus ujian. Namun suatu hari tiba2 saja ibu young jae bunuh diri, keluarga itu berantakan. Mereka pindah dari sky castle lalu rumah mereka ditinggali oleh keluarga hwang. Dari tragedi inilah cerita bermula...

Review
Drama yang awalnya sama sekali tak menarik minat hanya karena para pemainnya udah om2&tante2, plus posternya kurang memikat, hanya foto bpk2 ibu2 duduk gitu. Ternyata banyak yg komen positif bahkan bertaburan spoiler bersaing dengan mota, last empress & encourter di laman IG & grup drakor.
So, don't judge a book by its cover.
Drama ini buagus buanget👍👍 tiap episode selalu bikin penasaran sampe gak bisa berhenti nonton, untung aku nontonnya maraton nggak on going😆 dan tentu saja sarat amanat, karena drama ini menyindir sistem pendidikan di korsel. Akting bagus semua secara udah senior semua, tapi para anak2 meski masih muda dan belum banyak pengalaman akting, semuanya juga bagus.

Ending
Drama ini nyaris sempurna. Nyaris. Sebelum nonton ep.20 aku udah nyiapin tulisan bahwa drama ini adalah drama paling sempurna di tahun 2018 mengalahkan my ahjussi(karena mulainya des 2018 jd masuk 2018), bahkan setara dengan secret forest yg sejauh ini adalah drama paling sempurna versi gue.
Tapi... setelah nonton episode 20... alu menghapus tulisan itu...
Ada sedikiiit saja yang aku kurang suka dari endingnya.
Adegan ketika woo joo memutuskan berhenti sekolah dan tour eropa.
Nitijen juga banyak yg mengkritik adegan ini + adegan murid2 buang kertas&meninggalkan kelas. Tapi aku bukan terpengaruh sama komen tsb, aku emang benar merasa aneh sama adegan tsb, bahkan sebelum melihat komen2 tsb.
Kalo murid2 yg ninggalin kelas sih wajar ya krn gurunya kampret sih, nganggap murid yg gak bisa masuk univ itu bukan manusia. Yg aku nggak suka itu kenapa woo joo memutuskan berhenti sekolah? Okelah kalo emang dia gak suka ama sekolah umum di korsel yg bikin murid2 gak bisa napas, tp kenapa kok ngga homeschooling aja, malah jalan2 ke eropa. Kematian hyena seolah sia2, bahkan pengorbanan yeseo pun sia2. Hyena mati hanya karena mengetahui soal ujian bocor oleh ms.kim. Yeseo & ibunya mengungkap pelaku pembunuhan hyena yg mengakibatkan dirinya putus sekolah krn otomatis kebocoran ujian itu juga ketahuan, demi membebaskan woo joo yg juga sudah kelas 3 biar bisa lanjut sekolah&ujian akhir. Eh...tuh anak malah melancong😑
Memang sih kadang kurikulum sekolah itu ada yg menghambat kreativitas anak, misal kalo di indonesia nih, kan kita harus bisa semua mata pelajaran kayak mat, bahasa dll. Misal kita cuma jago olahraga aja, tapi kita dipaksa utk lulus semua mata pelajaran lainnya. Adikku sendiri, dianggap bodoh karena nggak jago berhitung, padahal dia jagonya di bahasa, skarang kuliah b.inggris & jadi guru. Tapi di indo mah lebih nyantai sekolahnya, beberapa kali baca artikel dan lihat youtube juga, pendidikan di korsel itu berat, sekolah dari pagi sampe malam belum les ini itu.
Entahlah, aku nggak suka aja. Kayak sekolah tuh nggak penting gitu. Dengan gampangnya berhenti sekolah, sementara banyak orang yg pengen sekolah tapi nggak bisa karena gak punya biaya.

No comments:

Post a Comment